Agustus

17 Agustus, seperti yang kita ketahui merupakan hari perayaan kemerdekaan Indonesia. Selain upacara bendera dan pembacaan teks proklamasi, biasanya diikuti oleh acara-acara yang diikuti oleh seluruh kalangan masyarakat. Panjat pinang, makan kerupuk sama lauk dan nasi, sepak bola, balap karung, karoke, dll. Paling tidak dengan lomba-lomba ini, masyarakat bisa berkumpul bersama dengan riang. Melupakan fakta banyaknya masalah yang dialami oleh bangsa. Lawakan yang spontan. Tertawa lepas.

Hal-hal tersebut sudah lama tidak saya rasakan dalam masyarakat sepenuhnya (tidak hanya dengan teman-teman). Dimana setiap kegiatan seperti perayaan hari libur nasional, terkesan hanya sekedar formalitas. Pameran yang mengangkat budaya kedaerahan juga tidak jauh-jauh dari urusan bisnis, yaitu bagaimana acara tersebut mendapatkan banyak keuntungan. Bagaimana meningkatkan penjualan kenang-kenangan atau barang-barang kerajinan. Padahal barang-barang tersebut hanyalah bagian yang sangat kecil dari budaya itu sendiri. Sebenarnya banyak nilai-nilai positif yang bisa diambil untuk dijadikan pelajaran seperti, budaya gotong royong, silaturahmi, saling menghormati dan menghargai, tenggang rasa serta tolong menolong. Kenyataannya nilai-nilai tersebut sudah mulai memudar, bahkan sudah jarang didengar.

Baiklah, karena kapasitas saya terlalu kecil untuk mengatakan hal-hal "berat", maka saya cukupkan dulu, toh siapa yang peduli. Hehehe. Saya mempunyai keinginan dan mimpi yang besar pada bangsa ini, bukan mengenai bagaimana untuk memperkaya diri, tapi bagaimana agar semua orang bisa bahagia dan nyaman. Yahh mudah-mudahan bisa terwujud.

Saya pernah membaca, sebaiknya diakhir sebuah tulisan itu ditutup dengan sesuatu yang keren (entah baca, entah karang-karangan sendiri). Maka di akhir tulisan ini saya ingin mengajak rekan-rekan pemuda dan saya sendiri khususnya untuk tidak hanya berharap untuk menjadi lebih baik saja, namun mencoba melakukan langkah-langkah konkret,  yaa paling tidak harus bisa mendefinisikan dulu "lebih baik" seperti apa yang diinginkan, lalu mencari langkah kecil untuk mewujudkannya. Hehehe *geje

Okelah sekian, sebenarnya ada beberapa foto yang saya ambil selama liburan, beberapa pas 17an, tapi internetnya lemot. Ntar aja pas di balik lagi ke Depok bikin post baru. Hehehe.


8.18.2013