Random

Dalam beberapa cerita, baik itu novel, cerpen maupun film, sering kita temukan cerita tersebut memiliki ending yang mungkin "nggantung", atau terlihat tidak selesai. Ya kadang bagi kita yang mengikuti cerita tersebut dari awal sedikit banyak akan membuat merasa kesal dan tidak puas dengan penulis cerita. Tanpa kita sadari, kita lalu menyimpulkan sebuah ending sendiri, dimana yang mungkin kita harapkan sebenarnya adalah pemeran utama atau pemeran protagonisnya mendapatkan kebahagian, atau antagonis mendapatkan ganjaran dari apa yang telah diperbuatnya sepanjang cerita, atau antagonis menjadi baik kembali atau dalam bentuk yang abstrak yaitu sesuatu yang benar-benar tidak menimbulkan tanda tanya lagi.

Dalam hal ini sebenarnya sudut pandanglah yang paling memegang peran, bisa jadi ending yang dianggap sebagian besar orang adalah ending yang menggantung, sebenarnya bagi penulis cerita ending tersebut adalah ending yang terbaik.

Sama halnya dalam cerita nyata tentang kehidupan kita yang dibuat oleh Sang Maha Pencipta, terkadang kita merasa ada sesuatu yang tidak selesai dalam hidup kita dan kita tak punya kuasa untuk membuat akhir cerita yang sesuai dengan keinginan, padahal mungkin saja lanjutan beserta hikmah-hikmah cerita tersebut akan kita temukan dalam cerita dan waktu yang berbeda, dan dengan tokoh yang berbeda pula. Yah kita tak akan pernah tahu.

1.21.2013