tips untuk sidang

berikut ini adalah tips untuk sidang. gue kopi dari http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20080617143332AAMm7fF

mudah-mudahan bisa ngebantu buat yang baca, khusunya gue sendiri. hehehe..

Agustus ini jadi salah satu yang penting dalam hidup gue. hehehe

Pengalaman gw ne yaa ikut sidang nee :

1. Materi yang mau kamu presentasikan dah harus siap semua dan kamu yakin itu emang udah siap. Mulai dari slide, contekan wat pertanyaan, ma skrripsinya.

2. Pakaian udah beres dari kapan hari, jangan lupa di cuci n seterika, karena kamu calon sarjana jadi harus rapi. Rambut jangan pake gondrong segala. Yang normal2 ajah. Sepatu mengkilat lengkap ma kaus kakinya. Penampilan itu menambah kepercayaan diri kamu n kepercayaan dosen sama kamu loh.

3. Klo presentasi siapkan pointer, atau alat penunjuk jangan pake jari itu ga etis. Trus tangan jangan di masukkan dalam saku atau melipat tangan di dada. Jangan garuk2 kepala kalo bingung jawab. Klo ga tau ya bilang terus terang aja kamu ga tau.

4. Klo ngebaca materi jangan buru2 seakan2 kamu mauu buru2 selesai n suara jangan gemetar. Klo kamu menjawab pertanyaan harus PD dengan jawaban kamu tapi kalo udah salah jangan ngotot. Kadang dosen suka nguji kemantapan jawaban kita loh. ini namanya jebakan.

5.Ga usah nervous, karena setelah di depan 3 menit kamu bakal enjoy ko nikmati semua pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari dosen. Tapi perasaan ini cuma kalo kamu bener2 nguasai materi mu terutama dasar2 nya.

6. Kamu bisa latihan presentasi di depan kawan2 mu untuk menguji penguasaan materimu dengan tanya jawab sama temen2 mu.

7. Perhatikan kerapihan kamu sebelum sidang di mulai mulai dari rambut, posisi dasi, trus pakaian yang pas di badan itu membuat kamu nyaman. Jangan pake baju kaos di dalam pakaian sidang mu,selain kutang.

8. Percaya lah kalo kamu pantas untuk lulus dan memperoleh gelar sarjana yang sudah kamu tunggu2 selama kuliah dengan pede, jadi jangan tunjukin sikap kamu belum pantas menjadi sarjana kepada dosen mu.

9. Berdoalah sebelum mulai sidang dan tetap tersenyum selama sidang tapi jangan cengengesan. Dosen mu ga suka liat kamu bodoh n cengengesan dan ga suka juga liat kamu sok pintar. Jadi di bantai atau ga itu tergantung kamu sendiri.

10. Hindari belajar dan beraktivitas berlebihan 1 hari sebelum sidang (H-1). Karena sidang itu butuh ketenangan hati yang mutlak. Jadi jalan2 sama pacar dan melupakan skripsi untuk satu hari itu solusinya.

7.30.2010