unsent words

cinta dan persahabatan.
2 kata yang sangat melambangkan sebuah keharmonisan dan keindahan sebuah hubungan. tapi sungguh sulit untuk menghadapinya jika kita dihadapkan pada pilihan dimana kita harus memilih salah satunya.

di film-film yang pernah gue tonton ttg persahabatan, para sutradara film sepertinya juga kesulitan untuk menentukan apa ending yang bagus jika terjadi kasus seperti ini. seperti pada film "Mengejar Matahari", persahabatan 4 anak muda akhirnya tercerai berai karena masalah ini, dan sutradara mengambil pilihan, 1 dari mereka mati, dan 1 nya di penjara. tidak masalah, karena ia sutradaranya, ia bebas menentukan alur dengan menambahkan beberapa kebetulan, sehingga film berkesan "happy ending" untuk semua, padahal menurutku tidak. begitu juga dengan film "Alexandria".

bahkan di film "Gone", sutradara membelokkan dengan tajam alur ceritanya, 2 dari 3 tokoh utama dibuat tewas di akhir cerita.

lalu bagaimana jika kita dihadapkan pada alur yang sangat realistis?
tidak ada kecelakaan yang dibuat2, tidak ada pihak luar yang dapat membelokkan alur, murni pada 2 pilihan, cinta dan persahabatan.

jelas, itu berat, sangat berat malah.
walaupun kita telah melihat melalui 3 subjek yang berbeda.
tetap sulit menemukan titik temu terbaik antara ketiganya.

yahh semuanya harus dihadapi dengan terbuka, tanpa harus disembunyikan.


pilihan yang telah aku buat, ntahlah apakah itu sebuah kepengecutan, ntah sebuah keberanian, ntah sebuah kebijakan, ntah sebuah hal yang sangat menyakitkan, yang jelas aku menganggapnya sebagai keputusan tepat. dan yang terpenting aku sudah melakukan tindakan. aku telah menentukan, tidak ada alasan untukku menyesalinya.

sungguh, keputusanku tidak sedikitpun bermaksud menyakitkan beberapa subjek.. sungguh aku tak ingin ada kerusakan dengan hubungan kita semua..
dan terlepas dari tepat atau tidak keputusan yang telah aku buat.. dengan segala kerendahan hati, aku meminta maaf kepada yang merasa tersakiti..

semoga ini benar yang terbaik, setidaknya untuk saat ini.. allahumma aminn.. :)


dont go out the back door
that's what the front for. (the oohlas - small parts)

9.11.2009